Saturday 14 April 2012

aneka saus salad


SALAD kini menjadi sajian wajib dalam setiap pesta. Ada beragam variasi salad yang sering ditampilkan dalam menu buffet. Untuk meracik salad sendiri cukup mudah, asal tahu bahan dan sausnya. Bagaimana trik menyajikan saus salad yang lezat? Minyak dan Mayones: Secara garis besar saus salad dibedakan dari bahan utamanya. Yang berbahan dasar mayones dan minyak salad atau salad oil. Dari bahan dasar inilah kemudian dibuat beragam racikan saus salad. Yang berbahan dasar minyak sering disebut sebagai french salad dressing karena pertama diperkenalkan di Perancis dan dikenal juga dengan nama vinaigrette.

Variasi Vinaigrette: Saus vinaigrette terbuat dari minyak salad yang dicampur dengan cuka, merica, dan garam. Sebagai variasi ditambahkan bawang putih, bawang bombay, rempah, mustard, capers, atau anchovy.

Jenis minyak salad yang dipakai bisa berupa minyak olive, minyak jagung, minyak kedelai, atau minyak canola. Ada juga yang membuat racikan dengan nama french creamy yang memakai mayones, cabai bubuk, dan beberapa rempah lain sebagai bumbu.

Juga ada jenis Italian salad dressing yang terbuat dari salad oil yang dicampur dengan mustard, cincangan rempah, dan paprika. Karena gaya vinaigrette ini diracik dan digemari oleh orang Italia maka disebut Italian salad dressing.

Variasi Saus Mayones: Saus berbahan mayones ini banyak sekali variasinya. Yang paling populer adalah thousands island yang terbuat dari mayones, putih telur cincang, capers, saus tomat, air jeruk, merica, dan garam.

Ada juga blue cheese salad dressing yang banyak disuka. Blue cheese dicampur dengan krim, mayones, dan cream cheese. Warnanya sangat putih, kental, dan rasanya sangat gurih.
Beragam jenis saus berbahan dasar mayones ini tersedia dalam kemasan botol siap pakai. Bahan paduan: jenis?jenis saus vinaigrette yang ringan sangat cocok dengan salad yang berbahan daun?daunan hijau seperti lettuce, butterhead salad, arugula, dan lain lain.

Meskipun kini saus vinaigrette ini juga dipakai untuk memberi sentuhan rasa pada tomat, asparagus, artichoke, kembang kol, dan beragam daging olahan.

Saus dengan bahan dasar mayones yang gurih itu biasa dipakai untuk paduan salad dengan bahan pasta, kacang?kacangan, sayuran keras (brokoli, kembang kol, buncis, wortel), dan aneka daging olahan.

Untuk penyimpanannya seperti saus vinaigrette maupun mayones yang sudah dibumbui sebaiknya disimpan dalam lemari pendingin selama beberapa jam agar bumbu?bumbu bisa meresap sempurna sebelum disajikan dengan salad.

Macam-macam vinaigrette:

1. Basic Vinaigrette

Siapkan 60 milimeter white wine vinegar, 1 sendok makan dijon mustard, 180 milimeter extra virgin olive oil, lada sesuai selera, gula, dan garam sesuai selera.
Aduk cepat vinegar, mustard, dan gula. Lalu tambah garam dan merica. Secara perlahan tambahkan olive oil, lalu aduk rata. Atau masukan campuran ke dalam sebuah wadah selai bekas, tutup rapat dan kocok hingga tercampur rata.

2. French Dressing

Ambil 60 milimeter white wine vinegar, 60 milimeter saus tomat, 70 milimeter olive oil, 1 sendok makan gula, 2 sendok teh bubuk paprika, 1 sendok teh saus inggris, dan garam sesuai selera. Aduk cepat vinegar, saus tomat, gula, bubuk paprika dan saus inggris. Bubuhi garam dan aduk kembali. Masukan olive oil secara perlahan dan aduk sampai saus tercapur rata.

3. Caesar Dressing

Siapkan 60 milimeter perasan jeruk lemon, 60 milimeter light mayonnaise, 4 sendok makan parutan keju parmesan, 1 siung bawang putih, dan cincang halus. Campur semua bahan di atas dengan mesin Blender hingga mengental dan lembut.

4. Blue Cheese Dressing

Ambil 60 milimeter light mayonnaise, 60 milimeter reduced fat sour cream, 60 milimeter air dingin, 1 sendok makan red wine vinegar, 1 sendok makan bawang merah, cincang halus, ½ cup blue cheese, garam, dan merica. Aduk cepat mayonnaise, sour cream, cuka dan air dingin. Masukkan bawang merah yang telah dicincang halus dan blue cheese. Haluskan blue cheese yang menggumpal dengan sendok. Aduk rata dan bubuhi garam dan merica sesuai dengan selera Anda.




sumber dari: wartakotalive.com

No comments:

Post a Comment