Thursday 15 March 2012

asal kata salad




Kata "salad" berasal dari Perancis salade arti yang sama, dari Latin salata (asin), dari sal (salt-garam). Dalam bahasa Inggris, kata yang pertama muncul sebagai "salad" atau "sallet" ada pada abad ke-14.

Garam dikaitkan dengan salad sayuran karena salad dibumbui dengan dressing air garam atau asin minyak dan cuka selama masa Romawi. Penggunaan salad bar pertama kali muncul di Inggris Amerika pada tahun 1976.

sejarawan mengatakan bangsa Roma memakan sayuran campuran dengan "saus".Babilonia diketahui memakan sayuran hijau dengan minyak dan cuka dua ribu tahun yang lalu. Pada tahun 1699 dalam bukunya, Acetaria:. A Discourse on Sallets, John Evelyn berusaha dengan sedikit keberhasilan untuk mendorong rekan-rekan Britons makan salad sayuran segar.

Amerika Serikat mempopulerkan salad di akhir abad 19 dan wilayah lain di dunia sepanjang paruh kedua abad ke-20. Dari Eropa dan Amerika ke Cina, Jepang, dan Australia, salad dijual secara komersial di supermarket bagi mereka yang tidak punya waktu untuk membuat salad buatan, di restoran (restoran seringkali akan memiliki "Salad Bar" ditata dengan salad pembuatan bahan yang akan digunakan pelanggan untuk menempatkan bersama salad mereka) dan di rantai makanan cepat saji yang mengkhususkan diri dalam makanan kesehatan. Di pasar AS, rantai makanan cepat saji seperti Mc***ald's dan K*C, yang biasanya dijual "junk food" seperti hamburger, kentang goreng, dan ayam goreng, sekarang menjual salad dikemas untuk menarik perhatian konsumen sadar-kesehatan. 



sumber dari: www.kaskus.us

No comments:

Post a Comment