Saturday 1 September 2012

vinegar @ cuka





Kalau biasanya hanya ada cider vinegar alias cuka apel, kini ada beragam cuka yang asam legit. Vinegar rasa aneka buah ini aromanya manis dan enak dibuat campuran salad dressing dan minuman lho!

Vinegar alias cuka memang dikenal sejak ribuan tahun lalu. Biasanya cuka atau vinegar terbuat dari bahan-bahan yang kaya kandungan gula, seperti anggur, apel, nira kelapa dan biji gandum. Selain sebagai penambah rasa pada makanan, vinegar juga dapat digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat makanan seperti nasi sushi atau campuran salad dressing.

Belum lama ini sebuah perusahaan dari Taiwan memperkenalkan produk vinegar terbarunya yang cukup unik. Kalau vinegar umumnya rasanya kecut dan aromanya tajam, untuk yang rasa buah-buahan ini rasanya sedikit manis dan beraroma buah segar. Selain ada yang berfungsi untuk memasak, dibuat pula vinegar drink yang bisa dikonsumsi menjadi minuman segar.

O ya, karena ada unsur buah-buahan vinegar yang satu ini juga lebih menyehatkan. Beberapa jenisnya antara lain, vinegar dengan rasa plum, peach vinegar, pineapple vinegar, longan and red date vinegar, dan grape vinegar. Kemasannya pun unik karena dikemas dalam sebuah kantong dengan ukuran 140 ml atau botol 600 ml.

Untuk vinegar yang bisa diminum, juga dikemas seperti layaknya minuman ringan. Vinegar drink tersebut dikemas dalam botol kecil dari plastik ukuran 280 ml dengan lebel berwarna-warni yang menarik. Untuk vinegar drink ditawarkan dalam dua rasa, yaitu plum vinegar dan apple vinegar.

Untuk citarasanya sedikit unik dan paling enak dinikmati dingin atau ditambahkan es batu. Sayang produksi dari kota Shih Chuan, Taiwan ini belum dijual bebas di pasaran Indonesia. Wah, jadi bikin penasaran ya? Tapi bagi mereka yang jalan-jalan ke Taiwan, minuman unik rasa vinegar ini boleh juga dibawa pulang sebagai oleh-oleh.


sumber dari: food.detik.com

No comments:

Post a Comment