Saturday 1 September 2012

salad dressing & healthy mayo






Salad Dressing


Bahan:

- 150 g Minyak zaitun
- 50 g Cuka apel


Cara membuat:
  1. Campurkan minyak zaitun dan cuka apel sampai tercampur merata. Cuka apel bisa digantikan dengan cuka biasa, cuka beras, atau lemon juice.
  2. Simpan campuran dalam botol bersih atau bisa langsung digunakan. Bila campuran belum akan digunakan, simpan dalam pendingin, dan kocok sebelum digunakan.
Healthy Mayo


Bahan:

- 2 kuning telur
- 30 g (sekitar 3 sdm) lemon juice
- 1 sdm gula pasir
- ¼ sdt garam
- 200 g (1 cup) minyak zaitun
- Tambahkan bumbu yang lain sesuai selera misalnya lada.


Cara membuat:

Campurkan kuning telur, lemon juice, gula pasir, dan garam.

Siapkan minyak zaitun.
Campuran telur dikocok menggunakan mixer dengan kecepatan sedang. Masukkan minyak zaitun sedikit demi sedikit sambil terus dikocok.
Agar bisa berhasil, ikuti petunjuk berikut: masukkan sekitar ¼ minyak zaitun sambil dikocok sampai campuran berbentuk agak kental, masukkan lagi sekitar ¼ minyak zaitun sambil terus dikocok terus. Pastikan minyak zaitun telah tercampur dengan sempurna sebelum menambahkannya lagi. Ciri-cirinya yaitu campuran akan semakin kental. Lakukan sampai semua minyak zaitun habis. Bila berhasil, akan terbentuk pasta berwarna putih-krem seperti mayonnaise yang dijual di pasaran.
Mayonnaise bisa segera digunakan. Bila belum akan digunakan, simpan mayonnaise dalam botol selai yang bersih dalam pendingin. Mayonnaise yang dibuat bisa tahan disimpan selama 1 – 1.5 minggu.


sumber dari: duniafitnes.com

No comments:

Post a Comment