Thursday 20 September 2012

tips buat salad segar



detail berita


KETIKA berbelanja di pasar, selintas melihat sayuran segar pasti tergiur mengolahnya. Satu menu makanan sehat yang bisa dibuat adalah salad sayuran nan segar.

Bawalah pulang sayuran segar tersebut lalu praktekkan olahan salad segar untuk bisa disantap bersama keluarga. Berikut tujuh tips membuat salad segar, seperti dilansir Gourmet Live:

Siapkan mangkuk besar

Mangkuk untuk menampung salad yang akan Anda buat. Mangkuk juga berfungsi agar Anda mudah memasukkan dressing salad sesuka hati. Anda tidak bisa memberi dressing jika mangkuknya terlalu kecil karena akan mudah tumpah.

Buatlah saus
Ingatlah komposisi dalam pembuatannya; satu sendok cuka atau jus lemon sebagai pengganti tiga sendok minyak. Bila Anda ingin sedikit asam, tambahan garam, gula, madu, atau sirup maple (untuk mempertajam rasa cuka). Kemudian, tambahkan satu sendok makan mustard untuk melekatkan salad buatan Anda. Lalu masukkan minyak. Anda pun bebas memasukkan bawang merah atau bawang putih cincang, dan masukkan herbal lainnya.

Jangan lupa beri garam

Garam secara ajaib menjadi cara untuk menyeimbangkan rasa asam dari dressing salad. Garam juga dapat mengurangi rasa manis dan sedikit menghilangkan daun selada yang berair. Ketika Anda membuat salad, garam laut cocok untuk ditambahkan.

Jangan terlalu memberi banyak dressing

Kuncinya, tabur, masukkan, dan cicipi. Ulangi terus sampai sayuran menyatu dengan baik. Jika ada sedikit genangan air di dasar mangkuk, berarti Anda sudah berhasil.

Campuran salad
Salad mempunyai berbagai macam tekstur dan rasa, termasuk rasa renyah, lembut, keriting, halus, manis, dan sedikit pahit. Beri daun kemangi, daun peterseli, atau daun mint, tambahan ini akan memperkaya rasa salad Anda.

Robek sayuran

Sayuran bisa dirobek sehingga Anda tidak terlalu susah mengolahnya. Anda juga dapat mengirisnya, di mana orang Prancis menyebutnya chiffonade.

Beri bawang
Bawang mempunyai rasa manis dan ringan, tapi bawang merah dan putih bila digigit mempunyai rasa yang kuat. Cobalah berkumur sesudahnya untuk meredam rasa asli bawang tersebut.


sumber dari: okefood.com

No comments:

Post a Comment