Monday 15 October 2012

salad alpukat



Salad Alpukat

Untuk memilih alpukat yang baik, hindari kulit buah yang berwarna hijau cerah karena buah ini pasti belum matang. Pilihlah buah dengan warna yang hijau gelap karena berarti sudah diperam dan kemungkinan sudah matang. Kemudian, usahakan untuk menekan beberapa bagian alpukat untuk memastikan buah ini sudah benar-benar matang, tapi jangan juga memilih buah yang busuk.



Anda juga bisa mencoba kupas sedikit kulit buah. Jika mudah dikupas berarti buah ini sudah matang. Coba juga goyangkan buahnya, jika biji buah tidak menempel biasanya akan terdengar bunyi biji di dalam buahnya. Selain itu buah matang juga akan terasa lebih ringan dibanding yang masih mentah. Terakhir, jika lubang di bagian bawah alpukat sudah berwarna hijau, artinya buah sudah matang. Kalau masih berwarna coklat, maka alpukat belum matang.
Sekarang langsung saja kita buat Salad Alpukat yang lezat.
Bahan Salad Alpukat:
- 2 bh alpukat matang dan tua
- 2 bh tomat merah
- 1 bh paprika kuning/jingga/ merah
- 2 sdm minyak zaitun extra virgin
- 2 sdt air jeruk lemon/nipis
- 1 sdt gula pasir
- ¼ sdt merica bubuk

Langkah membuat Salad Alpukat:
- Pertama, belah alpukat memanjang, buang bijinya. Keruk daging buahnya, sisakan daging buah ½ cm mendekati kulit. Cincang kasar daging buah alpukat yang telah dikeruk.
- Potong tomat dan paprika dadu kecil.
- Kemudian, campur tomat, paprika, minyak zaitun, air jeruk lemon/ nipis, gula pasir, dan merica bubuk. Aduk hingga rata. Tambahkan alpukat, aduk perlahan dan hati-hati.
- Tuang salad ke dalam lubang buah alpukat.



sumber dari: resepmasakanku.info

No comments:

Post a Comment