Saturday 25 August 2012

coleslow -salad yang renyah segar





Mungkin Anda pernah mendengar nama salad ini. Salad renyah segar ini sering dijumpai sebagai pendamping beberapa menu di resto fast food. Apa sih sebenarnya coleslaw ini? Mengapa begitu digemari orang?

Coleslaw atau ada juga yang menyebutnya dengan nama slaw adalah nama sejenis salad. Salad yang sudah dikenal sejak abad ke 20 ini diadaptasi dari bahasa Belanda koolsla, kependekan dari koolsalade atau salad kol. Salad ini terdiri dari wortel dan kol yang diserut halus kemudian dicampur dengan dressing berupa olive oil dan cuka. Selain kedua jenis bahan tadi, coleslaw juga bisa dicampurkan dengan serutan kol merah, potongan bawang Bombay, buah nanas, apel, dan juga parutan keju.

Di beberapa negara termasuk Indonesia, coleslaw disajikan bersama dengan mayones yang telah dicampur dengan mustard atau saus thousand island. Coleslaw biasanya disajikan sebagai menu pembuka ataupun menu pendamping makanan utama. Seperti steak, barbeque, spicy chicken, dan juga kentang goreng. Irisan halus kol dan wortel ini biasanya dicampurkan dengan sausnya dan didiamkan agar menyatu dan mendapatkan rasa yang enak. Biji mustard yang sedikit pahit juga sering ditambahkan sehingga teksturnya jadi krenyes-krenyes renyah. Karena rasanya yang sedikit asam dan segar, coleslaw juga bisa membangkitkan selera makan.

Coleslaw yang mengguankan olive oil dan vinegar sebagai sausnya cukup sehat karena tidak mengandung lemak yang berlebih. Berbeda dengan coleslaw yang menggunakan mayones sebagai sausnya. Tambahan mayones akan memberi tambahan konsumsi lemak. Jadi sebaiknya waspada dengan porsinya saat mengkonsumsi.


sumber dari: food.detik.com

No comments:

Post a Comment